Ekonomi & Bisnis

Suku Bunga Naik, Rupiah Tambah Melemah

Sumedang Media, Jakarta – Bank Indonesia (BI) memutuskan menaikkan suku bunga acuan. Suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate saat ini berada di level 4,50%

Gubernur BI, Agus Martowardojo mengatakan, suku bunga acuan akan berlaku efektif pada tanggal (18/5/2018). Dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan BI 7-days repo rate 25 basis poin jadi 4,50%.

Agus mengatakan, kenaikan suku bunga ini diambil sebagai upaya bank sentral menjaga stabilitas makroekonomi di tengah ketidakpastian ekonomi global. Terutama untuk bisa kembali menguatkan nilai tukar rupiah terhadap dolar yang saat ini sudah tembus melebihi Rp14.000. Namun niat menguatkan pascakenaikan BI Rate, mata uang garuda justru melemah.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar AS (Jisdor), hari ini Jumat (18/5/2018) posisi mata uang Garuda menembus level Rp14.100 per dolar AS tepatnya Rp14.107 per dolar AS. Angka itu lebih lemah dibandingkan posisi kemarin yang masih di level Rp 14.074 dolar AS.

Agus mengatakan pelemahan rupiah ini terjadi karena faktor eksternal dan internal. Agus menjelaskan, dari dalam negeri yang mendorong pelemahan nilai tukar terkait dengan neraca perdagangan Indonesia yang mencatatkan defisit sebesar US$1,63 miliar. "Impor meningkat karena persiapan bulan Ramadan," kata Agus.

Inilah

Warta Terbaru

To Top