Ekonomi & Bisnis

Buffett Pegang saham Apple, Buang Koleksi IBM

Sumedang Media, New York – Konglomerat Warren Buffett telah meningkatkan kepemilikannya di Apple dan menyingkirkan nyaris seluruh saham IBM. Ini sebuah langkah besar bagi investor legendaris yang jarang bertaruh di saham teknologi.

Berkshire Hathaway mengungkapkan pada hari Rabu bahwa pihaknya meningkatkan kepemilikan Apple sebesar 23,3 persen menjadi 165,3 juta saham, menurut pengarsipan SEC. Selain itu Buffett membuang sekitar 94,5 persen kepemilikan IBM, sehingga hanya 2,05 juta saham.

Tahun lalu, Buffett mengatakan lebih yakin tentang masa depan Apple daripada IBM, dan bahwa ia terus memasukkan dananya ke saham tersebut. Walaupun ia masih membawa ponsel flip.

Pada bulan November, Berkshire melaporkan bahwa pihaknya mengurangi saham IBM sebesar 32 persen, dan menaikkan saham Apple-nya. Sebelum penyataan Rabu, Berkshire sudah menjadi pemegang saham Apple terbesar keempat, menurut FactSet.

"IBM ialah perusahaan besar yang kuat, tapi mereka juga memiliki pesaing yang kuat," kata Buffett tahun lalu.

Namun, pengumuman terbaru Berkshire hadir disaat yang menarik bagi Apple dan IBM.

Saingan di tahun 1980an, IBM dan Apple telah menempuh jalur yang sangat berbeda selama bertahun-tahun, IBM telah berjuang dengan tren teknologi perusahaan, sementara Apple telah menjadi kekuatan dominan dalam elektronik konsumen.

Namun pendapatan Big Blue tumbuh di bulan Januari untuk pertama kalinya dalam 23 kuartal, mungkin pertanda bahwa pivot perusahaan untuk analisis, awan, mobile dan keamanan telah terpegang. Apple Wall Street-sayangku, sementara itu, menghadapi tingkat kritik yang tidak biasa, di tengah masalah produk seperti penundaan produksi, patch keamanan dan penggantian baterai.

Inilah

Warta Terbaru

To Top