Ekonomi & Bisnis

Data Ekonomi China Topang Penguatan Bursa AS

Sumedang Media, Tokyo – Pasar mencerna data perdagangan China yang lebih baik dari perkiraan dan melacak pergerakan yang lebih tinggi dalam dolar. Sentimen ini telah menguatkan bursa saham Asia pada akhir perdagangan Jumat (8/12/2017).

Nikkei 225 naik 1,39 persen atau 313,05 poin, berakhir pada 22.811,08, rebound setelah mencatat penurunan 2 persen di pertengahan pekan ini. Juga memberikan dukungan untuk kenaikan itu ialah yen yang lebih lembut, yang diperdagangkan di atas level 113 terhadap dolar. Mobil, nama teknologi dan rumah perdagangan mencatat kenaikan.

Dari catatan, PDB kuartal ketiga Jepang direvisi naik menjadi 2,5 persen dari perkiraan awal 1,4 persen, Reuters melaporkan. Secara triwulanan, ekonomi tumbuh 0,6 persen dari seperempat lalu, dibandingkan dengan perkiraan 0,4 persen, layanan kawat menambahkan. Setelah rilis, dolar mengambil 113,44 yen pada pukul 3:06 siang. HK / SIN, di atas penutupan hari Kamis di 113,07.

"Angka PDB yang lebih baik dari perkiraan harus ditambahkan lebih jauh ke pengambilan risiko," OCBC Treasury Research mengatakan dalam sebuah catatan pagi, menambahkan bahwa pemulihan dalam risk appetite dalam sesi terakhir berasal dari kemajuan yang dibuat dalam proses reformasi pajak AS seperti mengutip cnbc.com.

Di seluruh Selat Korea, Kospi naik tipis 0,08 persen menjadi berakhir pada 2.646 karena kenaikan pada nama teknologi kelas berat mengimbangi kerugian yang terlihat pada pembuat mobil dan manufaktur. Samsung Electronics dan SK Hynix masing-masing naik 2,48 persen dan 3,55 persen. Hyundai Motor turun 1,86 persen dan pembuat baja Posco turun 0,6 persen pada akhir sesi.

Samsung Heavy merosot 11,16 persen pada akhir hari setelah sebuah pernyataan dari pemerintah Korea Selatan mengenai penanganan korporasi yang dibebani dengan hutang, Reuters melaporkan.

Down Under, S & P / ASX 200 tertempel pada 0,28 persen menjadi berakhir pada 5.994,37 karena putaran terkait energi naik didukung oleh harga minyak yang sebagian besar bertahan stabil setelah mendapatkan lebih dari 1 persen semalam. Oil Search naik 0,97 persen, Beach Energy bertambah 5,29 persen dan Santos naik tipis 0,81 persen menjelang akhir hari. Bank mencatat kenaikan sementara penambang utama berakhir variasi.

Pasar China semakin meningkat pada perdagangan sore. Indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,32 persen pada pukul 3:10 pagi. HK / SIN sebagai saham finansial dan sebagian besar properti naik. Saham teknologi memimpin kenaikan pada indeks yang lebih luas, naik 3,57 persen pada pukul 3:13. HK / SIN, dengan AAC Technologies naik 5,1 persen disaat itu.

Tech juga merupakan salah satu sektor dengan kinerja terbaik di daratan, di mana saham konsumen juga mencatat kenaikan. Shanghai Composite diikat pada 0,55 persen ditutup pada 3.290,17 dan Komposit Shenzhen naik 1,24 persen menjadi berakhir di 1,891.51.

Data perdagangan yang dirilis pada hari Jumat dengan mudah mengalahkan perkiraan. Ekspor China dalam dolar meningkat 12,3 persen di bulan November dibandingkan satu tahun yang lalu, melampaui perkiraan 5 persen dalam jajak pendapat Reuters. Sementara itu, impor dalam denominasi dolar untuk bulan ini meningkat 17,7 persen, di atas kenaikan 11,3 persen yang diproyeksikan.
 
Reformasi pajak dipusatkan di Wall Street karena investor mengantisipasi kemungkinan penurunan pajak perusahaan di masa depan. Senat menghindari penutupan pemerintah yang potensial saat mengeluarkan undang-undang untuk memperpanjang dana bagi pemerintah federal pada hari Kamis.

Seorang Republikan atas mengindikasikan pada hari Kamis bahwa tagihan pajak final GOP dapat melihat deduksi tertentu disesuaikan. Tagihan pajak gabungan sekarang harus disetrika keluar setelah DPR dan Senat sebelumnya melewati versi yang terpisah.

Saham AS. berakhir lebih tinggi pada hari Kamis karena saham teknologi membukukan kenaikan, dengan rata-rata industri Dow Jones naik 70,57 poin atau 0,29 persen menjadi ditutup pada 24.211,48.

Indeks dolar, yang melacak mata uang AS terhadap sekeranjang enam mata uang utama, memperpanjang kenaikan semalam untuk diperdagangkan di 93.910 setelah naik dalam tiga hari sebelumnya.

Sementara itu, bitcoin melonjak di atas US$19.000 pada hari Kamis di bursa Coinbase, namun kemudian turun sekitar 20 persen dari level tersebut. Kriptocurrency, yang dimulai tahun di bawah $ 1.000, telah mengalami pergerakan besar dalam beberapa hari terakhir.

Dolar Australia sedikit berubah setelah mendapat pukulan menyusul rilis data perdagangan yang lebih buruk dari perkiraan pada hari Kamis. Pukul 03:00 HK / SIN, dolar Aussie diperdagangkan pada $ 0,7507, setelah jatuh serendah $ 0,7498 sebelumnya. Mata uang itu sedikit berubah dengan data perdagangan China yang melampaui harapan.

Pound juga fokus setelah Inggris dan Uni Eropa menyetujui isu-isu utama yang telah menahan pembicaraan Brexit. Sterling diperdagangkan pada $ 1,3509 setelah melihat berita. Itu dibanding penutupan hari Kamis di $ 1,3474.
 

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top