Ekonomi & Bisnis

Inilah Pemicu Kelangkaan LPG 3 KG!

Sumedang Media, Jakarta – PT Pertamina (Persero) sebut ada beberapa faktor yang jadi penyebab langkanya Likuid Petroleum Gas (LPG) 3 kg subsidi di masyarakat.

Direktur Pemasaran Pertamina, M. Iskandar menerangkan yang pertama lantaran rencana distribusi tertutup. "Kan untuk distribusi tertutup itu, pemerintah sudah gembar-gembor (untuk) tahun 2018," jelas Iskandar di Kantor Pertamina Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Kata Iskandar, rencana ini membuat konsumen panik. Alhasil ia membeli LPG 3kg dengan jumlah lebih banyak dari biasanya. Sehingga masyarakat yang betul-betul butuh jadi kesulitan mendapatkan pasokan. "Jadi stok tabung kosong yang ada di dapurnya dikeluarin semua bagaimana supaya dapat," terangnya.

Kedua, adanya rencana peluncuran Bright gas 3kg. Masyarakat merasa khawatir dengan diluncurkannya bright gas 3kg non subsidi, lantas LPG melon 3 kg subsidi tidak diedarkan lagi. "Jangan kesannya mau mengganti 3kg yang subsidi. Sehingga menjadi keresahan," terangnya.

ia bilang, pihaknya berencana meluncurkan bright gas, sebagai alternatif bagi masyarakat untuk mendapatkan gas 3 kg dengan mudah. "Kalau 3 kg nanti kita launching itu bisa langsung trade in langsung. Nggak perlu ganti tabung. Kapan (bright gas) 3 kg akan kita launching, perkiraan kita maret akan kita mulai," ungkapnya.

Seia menambahkan, kata Iskandar, Pertamina tetap akan berkomitmen untuk terus menyediakan LPG 3kg yang disubsidi sesuai dengan amanat undang-undang. "Jadi PSO tetap kewajiban pertamina untuk emmenuhi kebutuhan," terangnya. [hid]
 

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top