Ekonomi & Bisnis

Barata Indonesia Cari Suntikan Modal Rp300 M

Sumedang Media, Jakarta – Menjelang akhir tahun, PT Barata Indonesia (Persero) mencari tambahan modal dengan menerbitkan Medium Term Notes (MTN) sebesar Rp300 miliar. 

Pendanaan untuk BUMN bidang konstruksi dan manufaktur itu merupakan hasil kerja sama dengan PT Asta Capital Asia (ACA), sebagai arranger.  

Kesepakatan itu telah disahkan Direktur Keuangan dan SDM PT Barata Indonesia (Persero), Yoyok Hadi Satriyono dan Direktur Operasi dan Marketing PT Barata Indonesia (Persero), Tony Budi Santosa.

Direktur Keuangan Barata Indonesia, Yoyok menegaskan bahwa penambahan modal pendanaan untuk mengantisipasi kebutuhan modal yang meningkat tajam. Sebab perseroan memprediksi dapat perolehan kontrak sebesar Rp3,2 trillun pada akhir 2017.

”Tujuan penerbitan MTN ini selain untuk pemenuhan modal kerja dan refinancing pendanaan, juga untuk dijadikan momen pembelajaran dalam mendapatkan alternatif pendanaan non bank. Selama ini Barata Indonesia mendapatkan fasilitas permodalan dari perbankan,” ucap Yoyok dalam keterangannya, Kamis (7/12/2017).

Sementara itu, Direktur Operasi dan Marketing PT Barata Indonesia (Persero), Tony Budi Santosa menambahkan bahwa kinerja perusahaan jika dibandingkan dengan tahun lalu, mengalami peningkatan yang tajam.

Kenaikan perolehan kontrak pada 2017 yang meningkat 300 persen dibandingkan dengan 2016, harus secepatnya direalisasikan menjadi penjualan dan itu membutuhkan pendanaan yang cukup besar.

Perolehan kontrak perusahaan yang berkantor pusat di Gresik tersebut, naik 300 persen, dari Rp722 miliar pada 2016 menjadi Rp3,2 trilliun pada 2017.  

"Oleh sebab itu, tambahan pendanaan modal kali ini diharapkan tidak hanya digunakan untuk mengatasi perolehan kontrak yang tinggi. Namun juga sebagai salah satu strategi untuk memperoleh kontrak-kontrak besar pada proyek yang akan mendatang," tutup Tony. [hid]

 

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top