Ekonomi & Bisnis

Dana Pensiun Kanada&Amrik Siap Cemplungin Modal

Sumedang Media, Jakarta – Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengatakan, Dana Pensiun (Dapen) asal Kanada dan Amerika Serikat (AS) tertarik investasi jalan tol dan pembengkit setrum.

"Kanada dan AS mungkin paling utama masuk jalan tol dan listrik," ujar Bambang dalam seminar Institute of Certified Management Accountant (ICMA) di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Mantan menteri keuangan Kabinet Kerja ini mengatakan, tahun ini, investor asal Jepang, Korea, dan Tiongkok sudah masuk terlebih dahulu ke sejumlah proyek. Sedangkan Dapen dari negara barat, memilih untuk berinvestasi di 2018.

Ia mengemukakan, untuk proyek pembangkit listrik, investor Jepang dan Tiongkok sebagian besar masuk ke proyek-proyek PT Perusahan Listrik Negara (PLN). Sedangkan untuk pembangunan jalan tol, investor asing lebih tertarik membenamkan modalnya ke tol Trans Jawa.

Bambang mengatakan, tahun depan yang merupakan tahun politik bakal memberikan dampak positif untuk sektor konsumsi lembaga non pemerintah dan rumah tangga. Sementara investasi diperkirakan menurun. "Karena mungkin ada investasi yang sifatnya masih 'wait and see' sehingga pertumbuhan investasi sedikit menurun dibandingkan periode sebelumnya," kata Bambang.

Mengantisipasi kemungkinan penurunan itu, lanjut dia, pemerintah akan memastikan semua peraturan dapat menjaga kepentingan investor sehingga tidak ada keraguan. "Jadi, kita harapkan ialah wait and see di investasi paling tidak seperti pada 2014. Mudah mudahan lebih kecil dampaknya dibandingkan 2014," ucapnya. [tar]

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top