Ekonomi & Bisnis

Aturan HET Beras Untungkan Penggilingan ‎

Sumedang Media, Makassar – Penggilingan padi merasa diuntungkan dengan Permendag 57/2017 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) beras dan Permentan 31/2017 tentang Kelas Mutu Beras.

Hal itu disampaikan Ketua DPP Perpadi (Persatuan Pengusaha Penggilingan Beras dan Padi) Sulawesi Selatan, Andi Pallawagau di Makassar, Selasa (14/11/2017). "Kita sangat diuntungkan karena stabilnya harga beras akan hidupkan penggilingan kecil, jadi kami sangat merespon HET. Jadi tidak ada masalah dengan adanya HET," kata Pallawagau.

Menurut dia, sebelum adanya Permentan 57/2017, harga tidak pernah stabil. Diduga ada permainan dari para pengusaha. Namun, setelah aturan HET muncul, harga mulai stabil.

"Sebelum adanya HET, harga tidak pernah stabil akibat permainan pengusaha-pengusaha. Alhamdulillah, dengan adanya Permendag 57 ini Insya Allah ke depannya pengusaha kita akan lebih sukses lagi dan akan merata," ungkapnya.

Terkait Permentan 31/2017, kata dia, berdampak kepada tingkat kesadaran serta pengetahuan dari pengusaha akan kualitas beras. harus diakui, banyak pengusaha penggilingan tidak paham dengan kualitas beras yang bagus. Misalnya, brokennya berapa, kadar air serta derajat sosok yang ideal.

"Dengan sosialisasi Permentan 31, pengusaha kita akan jauh lebih melangkah ke atas. Kita akan bawa menjadi pengusaha-pengusaha profesional lagi. Pencapaian nasional kita capai di atas 85 persen, kita tertinggi di seluruh Indonesia. Insya Allah, 2018 kita akan capai di atas 100 persen. Itu target kita," jelas dia. [ipe]
 

Sumber : InilahCom

Warta Terbaru

To Top