Ekonomi & Bisnis

Tarif Pesawat Naik, Menhub Sebut Banyak Maskapai Bangkrut

Tarif Pesawat Naik, Menhub Sebut Banyak Maskapai Bangkrut

Sumedang Media, JAKARTA – Kenaikan tarif maskapai penerbangan guna penerbangan dalam negeri tengah dikeluhkan oleh masyarakat. Meski mendapat tidak sedikit kritikan sampai petisi, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta supaya masyarakat menyerahkan pengertian terhadap industri penerbangan.

“Terus cerah saja di beberapa tidak sedikit industri penerbangan yang telah bangkrut. Jadi saya pun imbau masyarakat untuk menyerahkan toleransi (kepada maskapai),” kata Budi di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat (12/1).

YLKI: Bagasi Berbayar Jadi Kenaikan Harga Tiket Terselubung

Budi mengatakan, di tengah besarnya perusahaan maskapai ketika ini, ia menilai industri penerbangan pun perli dilindungi. Sebab, meski bagaimanapun pada sebuah titik tertentu Kementerian Perhubungan mesti mendorong industri supaya tetap bertahan.

Di satu sisi, Budi menegaskan bahwa tarif sebanyak maskapai ketika ini belum melebihi batas atas yang diputuskan oleh pemerintah. Oleh karena itu, besaran tarif maskapai ketika ini dinilai belum melanggar aturan.

Meski meminta masyarakat memaklumi, Budi juga meminta untuk setiap maskapai penerbangan guna tidak mendongkrak harga secara tiba-tiba. “Maskapai juga tidak boleh menaikkan harga terlampau tinggi. Jadi ada sebuah harga tertentu dimana maskapai dapat tutupi ongkos operasional tapi penduduk tidak merasa suatu eskalasi yang berlebih,” ujar dia.

Warta Terbaru

To Top