Ekonomi & Bisnis

BI Optimistis Risiko Inflasi 2019 Bisa Dikendalikan

BI Optimistis Risiko Inflasi 2019 Bisa Dikendalikan

Sumedang Media, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) optimistis risiko inflasi pada 2019 tetap dapat dikendalikan. Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menuliskan inflasi pada tahun ini masih terbilang relatif lumayan bagus. 

“Perkiraan kami (inflasi 2019) bakal jatuh di kisaran 3,5 plus minus satu persen” ungkap Dody di Gedung BI, Jakarta, Jumat (11/1).

Dodi menambahkan, inflasi pada pekan kesatu Januari 2019 menurut Survei Pemantauan Harga (SPH) lumayan bagus. ia menuliskan inflasi pada waktu tersebut sekitar 0,5 persen.

Jika disaksikan secara (yoy), kata dia, inflasi pada pekan kesatu Januari 2019 sebesar 3,03 persen. “Jadi bagus dengan kata lain penyebab yang mengakibatkan inflasi bahan pangan laksana daging, telur, cabai, bawang namun relatif dengan angka 0,3 persen,” jelas Dody.

Dengan begitu, Dody meyakinkan ketika ini BI menyaksikan tekanan inflasi dari pangan relatif stabil. Hal tersebut menurutnya bila dikomparasikan dengan desakan inflasi tahun lalu.

Hanya saja, Dody mengakui risiko inflasi pada dasarnya bakal tetap ada. “Seandainya pemerintah bakal melepas untuk kepandaian BBM nya, dengan kata lain kemungkinan terdapat penyesuaian harga BBM domestik,” ujar Dody.

Meskipun begitu, risiko inflasi tersebut menurutnya masih dalam perhitungan yang dilaksanakan BI. ia menegaskan bisa jadi risiko inflasi tersebut masih dalam penghitungan proyeksi BI guna tahun ini. 

Warta Terbaru

To Top