Ekonomi & Bisnis

BI Lakukan Ekspedisi Penukaran Uang di Timur Indonesia

Sumedang Media, TERNATE — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara kembali melakukan ekspedisi dari Pulau Halmahera hingga ke Papua Barat. Ekspedisi ini dilakukan untuk melayani masyarakat pulau-pulau terpencil yang perlu menukarkan uang rupiah lusuh.

“Ekspedisi ini dilakukan agar masyarakat yang berada di daerah terpencil bisa menikmati uang layak untuk diedar” ungkap Kepala BI Malut Dwi Tugas Waluyanto di Ternate, Sabtu (15/9).

Dia menyampaikan, ekspedisi yang dilakukan BI merupakan agenda tahunan dan kali ini dilakukan dari Ternate menuju Manokwari melalui beberapa pulau di Maluku Utara dan beberapa pulau di Papua Barat. Menurutnya, di setiap pulau yang disinggahi, BI akan melayani penukaran uang dan membagikan sumbangan berupa buku dan peralatan olahraga.

Dia mengatakan, uang dalam ekspedisi ini disediakan Rp 1 miliar. Uang itu terdiri atas semua pecahan dalam kondisi baru.

Tim ekspedisi juga akan menyosialisasikan pemakaian yang baik terhadap uang rupiah agar tidak cepat lusuh. “Kami juga melakukan penarikan terhadap uang lusuh dan menggantikanya dengan uang baru,” ungkapnya. 

Berita terkait:

Republika

Warta Terbaru

To Top